Sabtu, 03 Desember 2011

Inspirasi Tali Gajah

Tali Gajah

Seorang pria melewati gajah, dia tiba-tiba berhenti, bingung oleh fakta bahwa makhluk-makhluk besar sedang dipegang oleh hanya tali kecil terikat pada kaki depan mereka. Tidak ada rantai, ada kandang. Sudah jelas bahwa gajah bisa, kapan saja, melepaskan diri dari mereka, tetapi untuk beberapa alasan, mereka tidak.

Dia melihat seorang pelatih di dekatnya dan bertanya mengapa hewan-hewan ini hanya berdiri di sana dan tidak berusaha untuk menjauh. "Yah," kata pelatih, "ketika mereka sangat muda dan jauh lebih kecil kita menggunakan tali ukuran yang sama untuk mengikat mereka dan, pada usia itu, itu cukup untuk menahan mereka. Ketika mereka tumbuh dewasa, mereka dikondisikan untuk percaya bahwa mereka tidak dapat melepaskan diri. Mereka percaya tali masih bisa menahan mereka, sehingga mereka tidak pernah mencoba untuk membebaskan diri. "

Pria itu terkejut. Hewan ini bisa setiap saat membebaskan diri dari ikatan mereka tetapi karena mereka percaya bahwa mereka tidak bisa, mereka terjebak tepat di tempat mereka.

Seperti gajah, berapa banyak dari kita menjalani kehidupan tergantung pada suatu keyakinan bahwa kita tidak bisa melakukan sesuatu, hanya karena kita gagal sekali sebelumnya?

Kegagalan adalah bagian dari pembelajaran, kita seharusnya tidak pernah menyerah perjuangan dalam hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar