Selasa, 21 Februari 2012

Kaizen

Kaizen berasal dari kata Kai yang berarti "perubahan" dan Zen yang berarti " baik". Kalau diterjemahkan berarti"perubahan".
Menurut Kaizen,kemajuan yang diraih bukanlah hasil satu lompatan besar kedepan. Kemajuan menurut Kaizen diraih karena perubahan kecil tanpa henti dalam beratus-ratus dan bahkan beribu-ribu detail berhubungan dengan menghasilkan produk atau pelayanan. Ide tentang detail peningkatan kecil ini berasal dari para karyawan biasa dan juga dari poin penjialan dan pelayanan purna jual.
Anda sudah terbiasa dengan TQM (Total Quality Management), maka anda akan mulai mengerti tentang Kaizen, karena apa yg dibarat dikenal sebagai TQM sebenarnya berasal dari Kaizen.
Asumsi yang mendasari perubahan dalam Kaizen adalah kesempurnaan itu sebenarnya tidak ada. Artinya tidak ada kemajuan, produk, hubungan, sistem atau struktur yang bisa memenuhi ideal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar