Kamis, 03 April 2014

Analisa Rasio



                                  Analisis Rasio

Adalah suatu analisa yang dilakukan dengan cara membandingkan angka-angka yang terdapat pada laporan keuangan dalam suatu periode waktu tertentu.
Rasio Likuiditas
Adalah rasio yang menunjukan kemampuan perusahaan memenuhi seluruh kewajiban atau hutang-hutang jangka pendeknya. Ada beberapa rasio yang masuk dalam kelompok Rasio Likuiditas.

a. Current Ratio

Menunjukkan jumlah kewajiban lancar yang dijamin pembayarannya oleh aktiva lancar. Semakin tinggi hasil perbandingan aktiva lancar dengan kewajiban lancar, semakin tinggi kemampuan perusahaan untuk menutupi kewajiban jangka pendeknya.

Current Ratio = (Kas + Bank + Piutang+ Persediaan) : (Hutang Lancar)

Misal CR = 1,23 kali artinya setiap 1 rupiah hutang dijamin oleh 1,23 rupiah aktiva lancar

b. Quick Ratio
Mengukur apakah perusahaan memiliki asset lancar (tanpa harus menjual persediaan) untuk menutup kewajiban jangka pendeknya, semakin baik kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban lancarnya.

Quick Ratio = (Aktiva Lancar - Persediaan) : (Kewajiban Lancar)

Misal QR = 2,14 kali artinya setiap 1 rupiah hutang dijamin oleh 2,14 rupiah aktiva lancar



Rasio Rentabilitas
Adalah rasio yang menunjukkan kemampuan perusahaan dalam mencetak laba. Yang termasuk dalam kelompok Rasio Rentabilitas adalah :

a.      Return On Investment (ROI)
Menunjukkan tingkat pengembalian bisnis dari seluruh investasi yang telah dilakukan dengan membandingkan nilai laba bersih terhadap nilai investasi.

Return On Investment = (Laba Setelah Pajak) : (Nilai Investasi)

ROI > Bunga pinjaman à Proyek layak dilaksanakan
ROI < Bunga pinjaman à Proyek tidak layak dilaksanakan
ROI = Bunga pinjaman à Proyek boleh / tidak boleh  dilaksanakan


b.      Metode Analisis Pacback Periode

Adalah pengukuran periode dalam menutup kembali biaya investasi (initial cash investment)  dengan menggunakan aliran kas (laba bersih) yang akan diterima.

PP  = (Jumlah Nilai Investasi) : (Jumlah Kas yg masuk per tahun) x 1 tahun

PP > dari maximum PP yg ditetapkan à Proyek tidak layak dilaksanakan
PP < dari maximum PP yg ditetapkan à Proyek layak dilaksanakan
PP = maximum PP yg ditetapkan à Proyek boleh / tidak boleh  dilaksanakan

c.       Metode Analisis NPV (Net Present Value)

Adalah analisis untuk mengetahui nilai arus kas yang akan diterima selama periode investasi (NPV2) apakah lebih besar atau lebih kecil  dibandingkan dengan nilai investasi yang dikeluarkan pada saat sekarang (NPV1)

d.      Metode Analisis Internal Rate of Return

Adalah pengukuran besaran diskon factor (df) tingkat suku bunga yang diperoleh dengan men-sekarangkan (presentate) aliran kas yang akan diterima selama periode investasi.

Contoh Soal:
Pak Komang bermaksud mendirikan apotek. Dalam usulan FS membutuhkan dana bangunan dan sarana Rp. 250.000.000,-.
Nilai residu diperkirakan Rp. 50.000.000,-
Modal kerja (kas, bank, barang dagangan) sebesar Rp. 50.000.000,- dengan proyeksi laporan L/R tahun 1 sebagai berikut :

Penjualan                     Rp. 800.000.000
HPP                             Rp. 640.000.000
Biaya Usaha                Rp.   60.000.000
Laba sesudah pajak     Rp.   95.000.000

Kemudian usulan FS diajukan ke bank untuk memperoleh pinjaman. Setelah dianalsisis bank menetapkan pinjaman Pak Komang disetujui dengan catatan lama pinjaman 5 tahun, bunga 15% pertahun.
Proyeksi L/R pada tahun berikutnya (selama 5 tahun) dianggap sama. Buatlah analisa keuangannya…

a.       Penilaian dengan Payback Periode :
Jumlah Investasi : Rp. 250.000.000 + Rp. 50.000.000 = Rp. 300.000.000
Jumlah Kas masuk pertahun Rp. 95.000.000

Jadi PP = Rp. 300.000.000 / Rp. 95.000.000 x 1 tahun = 3,23 tahun

Kesimpulan sementara : lamanya pengembalian pinjaman bank 5 tahun, sedangkan apotek dengan tingkat perolehan laba sebesar Rp. 95.000.000 pertahun mampu menutup pinjaman selama 3,23 tahun ….-à layak

b.      Penilaian dengan ROI :
ROI = Rp. 95.000.000 / Rp. 300.000.000 x 100% = 31,67 %

Kesimpulan sementara : ROI yang diperoleh dengan laba sebesar Rp. 95.000.000 adalah 31,67% yang lebih besar dari 15% tingkat suku bunga --à Layak

c.       Penilaian dengan IRR :
Pengembalian pinjaman dari bank 5 tahun
Tingkat suku bunga pinjaman sebesar 15% pertahun
Asumsi perolehan L/R selama 5 tahun stabil /tetap
Nilai residu fix asset dan modal kerja 50+50 = 100 jt

Tahap menghitung IRR dengan Trial & Error

Trial Error I : dengan df1 yang besarnya = suku bunga bank 15% aliran kas, df 15% (df1) selama 5 tahun

Thn
Aliran Kas Masuk
DF 15%
NPV ALIRAN KAS
0
(300,000,000)
1
-300,000,000
NP1
1
95,000,000
0.8695
82,602,500

2
95,000,000
0.7561
71,829,500

3
95,000,000
0.6575
62,462,500

4
95,000,000
0.5717
54,311,500

5
95,000,000
0.4972
47,234,000


100,000,000
0.4972
49,720,000




368,160,000
NP2

▲1 = NPV2 – NPV1 = 368.168.000 – 300.000.000
▲1 = 68.000.000


Trial Error II : dengan df2  = 23%  selama 5 tahun

Thn
Aliran Kas Masuk
DF 23%
NPV ALIRAN KAS
0
(300,000,000)
1
-300,000,000
NP1
1
95,000,000
0.813
77,235,000

2
95,000,000
0.661
62,795,000

3
95,000,000
0.5374
51,053,000

4
95,000,000
0.4369
41,505,500

5
95,000,000
0.3552
33,744,000


100,000,000
0.3552
35,520,000




301,852,500
NP2

▲2 = NPV2 – NPV1 = 301.000.000 – 300.000.000
▲2 = 1.000.000


Trial Error III : dengan df2  = 24%  selama 5 tahun

Thn
Aliran Kas Masuk
DF 24%
NPV ALIRAN KAS
0
(300,000,000)
1
-300,000,000
NP1
1
95,000,000
0.8065
76,617,500

2
95,000,000
0.6504
61,788,000

3
95,000,000
0.5245
49,827,500

4
95,000,000
0.423
40,185,000

5
95,000,000
0.3411
32,404,500


100,000,000
0.3411
34,110,000




294,932,500
NP2

▲2 = NPV2 – NPV1 = 294.932.000 – 300.000.000
▲2 = - 5.000.000

Menetapkan df2 yang menghasilkan ▲2 yang paling mendekati 0 (nol).
Dari hasil trial dan error kedua dan ketiga diperoleh bahwa :
▲2 dgn df2 23% = 1.000.000 -àmendekati 0 (nol)
▲2 dgn df2 24% = -5.000.000

Mencari IRR :
IRR = (df1) + [ (▲1) / (▲1) + (▲2) x (df2-df1)]
IRR = 15% + [ 68.000.000/ 68.000.000 + 1.000.000 x (23%-15%]
IRR = 15% + 7.84%
IRR = 22.84%

Kesimpulan sementara : IRR yang diperoleh 22,84%> suku bunga pinjaman bank -à pinjaman layak

d.      Penilaian dengan Analisa NPV :

▲NPV = NPV2 – NPV1

▲NPV = 368.000.000 – 300.000.000
▲NPV = 68.000.000

Kesimpulan sementara : ▲NPV yang diperoleh dengan suku bunga 15% hasilnya positif, Rp. 68.000.000 -à Layak

 

Rasio Aktivitas
Adalah rasio yang menunjukkan efektivitas manajemen perusahaan dalam mengelola bisnisnya. Yang termasuk dalam kelompok Rasio Aktivitas adalah :

Asset Turnover
Perputaran aktiva menunjukan kemampuan manajemen mengelola seluruh investasi (aktiva) guna menghasilkan penjualan. Secara umum dikatakan bahwa semakin besar rasio ini akan semakin bagus karena menjadi pertanda manajemen dapat memanfaatkan setiap rupiah aktiva untuk menghasilkan penjualan.

Asset Turnover = (Penjualan Bersih) : (Total Aktiva)

Misal Asset Turnover = 2,89 kali … artinya bahwa manajemen mampu mengelola seluruh investasi sebanyak 2,89 kali setahun. Rata-rata perputaran  = 365/2,89 adalah 126 hari


Receivable Turnover
Perputaran piutang dagang menunjukkan berapa kali piutang dagang perusahaan berputar dalam satu tahun. Apabila tidak diperoleh rincian penjualan kredit, dapat digunakan Penjualan sebagai penggantinya dengan asumsi seluruh Penjualan yang dilakukan dengan cara kredit.

Receivable Turnover = (Penjualan Kredit) : (Piutang Dagang)

Rata2 Piutang Dagang = (Saldo Awal + Saldo Akhir) / 2

RTO = 25,9 kali………..
Rata-rata umur piutang = 365/25,9 = 14 hari


Average Collection Period
Periode Pengumpulan Piutang Dagang mengukur periode yang diperlukan untuk mengumpulkan piutang persahaan. Semakin kecil hasilnya menunjukkan hasil yang semakin baik.

Average Collection Period = (Piutang x 360) : (Penjualan Kredit)

Invertory Turnover
Perputaran persediaan menunjukkan berapa kali persediaan barang dagangan perusahaan berputar dalam suatu periode tertentu.

Inventory Turnover = (Harga Pokok Penjualan) : (Persediaan)

Rata-rata persediaan = (Persediaan awal+ Persediaan Akhir) /2

ITO = 2,89 kali ….
Rata-rata persediaan = 365/2,89  126 hari ………artinya rata-rata umur persediaan 126 hari  

Account Payable Turnover
Perputaran Utang Dagang menunjukkan perputaran utang dagang dalam suatu periode tertentu.

Account Payable Turnover = (Harga Pokok Penjualan) : (Utang Dagang)

7 komentar:

  1. Syukur kepada Allah yang maha kuasa untuk memberi saya kesempatan ini untuk berbagi kesaksian saya, saya Mrs. Indriaty Manirjo, yang Anda cari pinjaman? Saya ingin membawa ini ke semua pemberitahuan pinjaman untuk berhati-hati, karena begitu banyak perusahaan pinjaman palsu di internet. Saya telah menjadi korban dari sebuah perusahaan pinjaman palsu 4, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman palsu yang saya kemudian mengetahui mereka adalah scam. Pada proses yang saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berhutang kepada karena saya tidak bisa bertemu untuk kali saya berjanji untuk membayar dan saya ditangkap. Aku baru saja keluar dari penjara, ketika saya bertemu dengan seorang teman yang intoroduce saya untuk pemberi pinjaman kredit karena dia meyakinkan saya bahwa dia mendapat yang pinjaman dari dia yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY, jadi saya tidak punya pilihan untuk memberikan cobaan karena saya harus bertemu dengan standar hidup dan membayar utang saya dan memulai bisnis baru. Jadi saya mendapat pinjaman saya dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY tanpa stres, itulah alasan saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman, sehingga mereka tidak akan jatuh di tangan pemberi pinjaman kredit palsu. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. magretspencerloancompany@gmail.com,.
    Anda masih bisa menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut tentang indriatymanirjo010@gmail.com. Tuhan membantu Anda dan sangat berhati-hati.

    BalasHapus
  2. Hello,
    Selamat datang ke GLOBAL FINANCE LIMITED, sebuah pertubuhan pinjaman global khusus untuk menyediakan pinjaman tunai segera selamat kepada individu yang berkelayakan, firma swasta, syarikat awam dan syarikat pada kadar faedah yang bersubsidi sebanyak 2%. Kami telah membantu beberapa banyak individu dan organisasi yang telah menghadapi masalah kewangan di seluruh dunia. Apabila anda memohon dengan kami, anda memohon dengan sebuah syarikat yang dipercayai yang mengambil berat tentang keperluan pembiayaan anda. Kami akan menjaga anda melalui proses keseluruhan. hubungi kami hari ini untuk pinjaman anda melalui e-mel: sashamichelglobalfinance@gmail.com
    DATA PEMOHON

    1) Nama Penuh:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negeri:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status perkahwinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nombor telefon:
    9) Kedudukan Semasa di tempat kerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman Diperlukan:
    12) Tempoh Pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Adakah anda memohon sebelum:
    16) Tarikh lahir:
    terima kasih.

    BalasHapus
  3. hari baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Ibu aisha bukafia, silakan, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya benar di sini pada platform ini untuk semua warga negara Indonesia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah memiliki trully mendukung saya melalui ibu yang baik Mrs. Emiliana

     Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp15.000.000, dengan seorang wanita di arab saudi.

    saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian intorduce saya untuk Ibu Emiliana, yang merupakan pemilik dari sebuah organisasi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk menerapkan dari Ibu Emiliana, jadi saya summorned keberanian dan menghubungi Mrs. Emiliana.

    Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman Rp400,000,000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan agunan dan jaminan untuk transfer pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa account saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp400,000,000. Saya sangat senang bahwa akhirnya Allah telah menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Allah memberkati Ibu Emiliana untuk membuat kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk silakan hubungi Ibu Emiliana melalui email: emilianawilson11@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua untuk meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup sejati saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    satu lagi nama saya mrs aisha bukafia, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: mrsaishabukafia@gmail.com

    BalasHapus
  4. Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk memulai bisnis yang baik atau melunasi hutang Anda, pemohon yang berminat harus menghubungi kami sekarang di: tuerkiyefinansbank@linuxmail.org

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum
    'Insya Allah' ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM menawarkan pinjaman dengan tingkat persentase tahunan yang sangat rendah APR menghubungi kami melalui e-mail kami: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com} untuk menikmati hal berikut: apakah Anda ditolak oleh Bank sebagai Hasil dari sejarah kredit buruk Anda adalah Anda berutang secara finansial apakah Anda memerlukan dana untuk ekspansi bisnis atau Anda ingin memulai bisnis dengan tambahan modal atau Anda memerlukan pinjaman yang sangat besar untuk melaksanakan proyek antara lain dengan ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM Anda dapat mengatakan "Alhamdulillah" karena kami menjamin kelayakan kepercayaan kejujuran 100% dalam layanan kami menghubungkan kami segera BBM INVITE: {D8980E0B} atau melalui alamat e-mail di atas Assalamu'alaikum wr wb,

    BalasHapus
  6. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)

    Terima kasih semua.

    BalasHapus
  7. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)

    Terima kasih semua.

    BalasHapus