Selasa, 11 Februari 2014

Otak

Otak manusia adalah organ paling kompleks dalam tubuh manusia dan bahkan merupakan ciptaan Tuhan yang paling kompleks di alam semesta. Jelas bahwa segala hal yang diciptakan oleh manusia berasal dari otaknya, sehingga dapat dikatakan bahwa otak manusia adalah fitur paling menakjubkan dalam tubuh manusia.

Otak manusia dengan kompleksitasnya bekerja bagaikan alat penyimpanan yang aman dalam menyimpan kenangan seseorang. Kepribadian dan kesadaran seseorang juga sangat dipengaruhi otak manusia yang mampu memberikan semangat, gerak dan emosi.

Otak manusia merupakan pusat komando untuk sistem saraf pusat dan juga melayani manusia dengan kemampuan fisik dan kognitif. Ini merupakan beberapa saja dari peran penting otak manusia. Namun hal yang paling menakjubkan mengenai otak manusia adalah banyak fakta tidak diketahui banyak orang terkait otak yang sedang berfungsi penuh.

Berikut adalah 20 fakta unik dan menarik tentang otak manusia yang perlu diketahui:

1. Otak memiliki pusat humor. Terkadang, seseorang yang mengalami kerusakan otak pada lobus frontal tidak bisa merespon humor.

2. Anda tidak bisa mendengar percakapan telepon di ruangan bising. Hal ini karena otak tidak dapat membedakan kebisingan latar belakang (background noise) dari suara di telepon.

3. Menguap merupakan cara membangunkan Anda karena dengan menguap udara yang masuk ke dalam paru-paru menjadi lebih banyak, sehingga meningkatkan oksigen ke otak.

4. Otak kita cenderung lebih mampu mengingat lagu-lagu yang menyebalkan.

5. Energi atau daya yang digunakan otak lebih rendah daripada daya lampu pada kulkas. Otak hanya menggunakan daya sebesar 12 watt atau sekitar 17% dari total energi tubuh.

6. Terlalu sering mengalami jet lag dapat merusak daya ingat (memori). Hal ini terjadi karena hormon stres yang dilepaskan selama jet lag dapat merusak lobus temporal dan memori.

7. Berada di ketinggian membuat otak mempersepsikan pandangan visual menjadi aneh. Gangguan oksigen cenderung mengganggu pemrosesan visual dan emosional. Hal ini karena semakin tinggi suatu tempat kadar oksigen akan semakin tipis.

8. Memainkan game dengan adegan menembak musuh secara bersamaan membantu otak untuk multitasking. Menembak beberapa musuh sekaligus akan membagi perhatian Anda, ini berarti Anda harus terus-menerus bereaksi terhadap suatu rangsangan.

9. Anda tidak mungkin merasa geli ketika menggelitik diri sendiri. Ini terjadi karena otak menumpulkan sensasi geli ketika kita melakukannya sendiri.

10. Sinar matahari yang terlalu terang bisa membuat seseorang menjadi bersin. Hal ini terjadi karena serabut saraf yang bersinggungan di otak mengirim sinyal yang berasal dari mata melalui hidung.

11. Berat otak manusia adalah sekitar 1,36 kg.

12. Sekitar 75% otak adalah air.

13. Pertumbuhan otak manusia berhenti pada usia 18 tahun.

14. Otak menggunakan oksigen sebanyak 20% dari total oksigen dalam tubuh.

15. Penelitian menunjukkan bahwa gelombang otak lebih aktif saat bermimpi daripada ketika seseorang terjaga.

16. Stres yang berlebihan bisa mengubah sel-sel otak, struktur otak, dan fungsi otak.

17. Otak dapat hidup selama 4-6 menit tanpa oksigen, dan kemudian akan mulai mati. Bila tidak mendapat suplai oksigen selama 5-10 menit, otak akan mengalami kerusakan permanen.

18. Membaca dengan suara keras dan sering berbicara pada anak ternyata bisa memicu perkembangan otaknya.

19. Otak bayi yang baru lahir akan tumbuh sekitar tiga kali ukuran semula pada tahun pertama.

20. Otak manusia adalah organ tubuh yang paling banyak memiliki lemak. Sekitar 60% otak terdiri atas lemak.

Dari fata-fakta unik di atas tidak diragukan lagi bahwa otak manusia benar-benar merupakan organ tubuh yang luar biasa dan tentunya membutuhkan perawatan maksimal guna menjaga jalannya proses tubuh yang vital.
Penyebab Kinerja Otak Makin Menurun:
Konsumsi gula yang berlebihan. Ketika seseorang mengkonsumsi gula yang berlebihan, maka akan berdampak pada terganggunya penyerapan zat-zat penting yang di butuhkan oleh tubuh serta otak. Sehingga nutrisi yang seharusnya di butuhkan oleh otak tidak tercukupi.
Kurangnya jam tidur.Setelah seharian bekerja dan beraktivitas serta berpikir, organ otak juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Tanpa istirahat yang cukup dapat di pastikan organ otak juga pasti mengalami gangguan.  
Jarang memanfaatkan potensi yang dimiliki otak. Usahakan selalu menggunakan akal dan pikiran untuk memecahkan berbagai masalah yang sering di hadapi. Karena sering berpikir akan membuat otak terus bekerja dan tidak mengalami penurunan kecerdasan. 
Selalu bergantung dengan kecanggihan teknologi. Sebenarnya banyak sekali informasi yang masih bisa kita ingat lewat memori otak. Namun kita selalu menyalahgunakan google untuk mendapatkan semua informasi yang kita inginkan dengan cepat. 
Malas berolahraga.Olahraga dapat menyehatkan tubuh dan seluruh organ di miliki seseorang. Olahraga ini berfungsi untuk menyeimbangkan susunan senyawa kimia yang menyusun organ otak kita. 
Gemar minum minuman beralkohol. Minuman beralkohol menyebabkan kerusakan organ otak. Membatasi atau bahkan stop dari minuman beralkohol merupakan solusi untuk meningkatkan kinerja otak.  
Tingkat stress yang tinggi. Stres yang meningkat berkaitan pula dengan menurunnya kinerja organ otak. Maka dari itulah, mengurangi atau bahkan menghindari stress yang berlebihan merupakan tips efektif meningkatkan kinerja organ otak itu sendiri. 
_____________________________________________________________________________________
Makanan Yang Dapat Mencerdaskan Otak:
Ikan
Ikan sangat baik untuk menutrisi otak kita. Didalam tubuh ikan terdapat asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 ini banyak terdapat di ikan salmon, tuna dan sarden. 
Pisang
Pisang ternyata juga sangat baik untuk menutrisi otak kita. Dalam buah pisang terdapat kalium dan magnesium yang berfungsi untuk transmisi saraf di tubuh serta otak.
Bayam
Bayam juga sangat baik untuk menutris otak kita. Didalam bayam mengandung vitamin B9 yang berfungsi untuk meningkatkan memori yang dibutuhkan untuk mencerdaskan otak kita.
Telur
Telur yang biasa kita konsumsi juga sangat baik untuk menutris otak kita. Karena di dalam telur mengandung asam amino yang dibutuhkan untuk menutrisi otak kita. 
Alpukat
Buah alpukat juga sangat baik untuk menutrisi otak kita. Karena buah alpukat mengandung atau kaya akan vitamin E. Vitamin E ini berfungsi sebagai antioksidan serta mampu melindungi otak dari penuaan dini.
Brokoli
Brokoli juga sangat baik untuk menutrisi otak kita, karena mengandung vitamin C, antioksidan serta betakaroten yang berfungsi untuk menjaga kesehatan otak kita.
Cokelat
Cokelat ternyata juga sangat baik untuk menutrisi otak kita. Cokelat banyak mengandung Flavonoid yang memicu pembentukan sel saraf baru pada otak yang dapat menambah kemampuan menyimpan ingatan dalam memori otak kita.
_____________________________________________________________________________________
Tips Meningkatkan Daya Ingat Otak : 
melatih otak kamu dengan cara yang sederhana. Cobalah menulis 10 daftar kata yang bervariasi. Kemudian tutup kata yang kamu tulis. Setelah 2 menit, tulislah kembali daftar kata yang kamu tulis secara urut. Ini dapat mengukur kekuatan daya ingat otak kamu.
mendengarkan musik klasik seperti musik instrumental atau orkestra klasik. Menurut beberapa penelitan, sering mendengarkan musik klasik dapat membantu meningkatkan daya ingat otak kita.
sering mengisi teka-teki silang. Dengan sering mengisi teka-teki silang, otak kamu akan selalu berusaha mengingat sesuatu yang berhubungan dengan pertanyaan dan jawaban yang tepat untuk pertanyaan teka-teki silang tersebut. Sehingga tips ini juga mampu meningkatkan daya ingat otak kamu.
melakukan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan otak kamu. Ini dapat kamu lakukan dengan olahraga secara teratur, istirahat yang cukup, serta mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang baik untuk kesehatan otak kamu.
mengingat kenangan masa lalu yang indah merupakan salah satu tips mempertajam daya ingat otak kamu. Seperti kenangan dengan teman-teman anda waktu disekolah maupun di bangku kuliah maupun kenangan indah lainnya.
_____________________________________________________________________________________ 
Tips Mudah Menjaga Kesehatan Otak :
menjauh dari yang namanya merokok dan mengkonsumsi obat-obat terlarang (narkoba). Ini dikarenakan, kedua bahan tersebut akan merusak fungsi-fungsi kerja otak kita. Bagi kamu perokok berat yang sulit meninggalkan kebiasaan tersebut, sebaiknya menguranginya perlahan-lahan sampai kamu menghilangkan kebiasaan merokok tersebut.
memiliki istirahat atau tidur yang cukup setiap harinya. Dengan istirahat atau tidur yang cukup, maka ketika bangun, otak kita akan terasa lebih fresh dan bekerja optimal. Jadi jangan gunakan otak kamu untuk berpikir yang berat atau ringan terus, istirahatkan otak kamu dengan waktu yang cukup.
mencukupi kebutuhan gizi untuk otak kita. Hal ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sangat bermanfaat untuk otak kita.
Usahakan menghindarkan benturan pada otak kita. Dengan seringnya terjadi benturan pada otak kita, maka fungsi-fungsi dalam otak pun akan ikut terganggu.
 otakk.jpg
Semoga bermanfaat,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar