Jumat, 26 April 2013

Analisa SWOT - TOWS

Analisis SWOT dan TOWS adalah Analisis Perubahan, memiliki kesamaan, yaitu keduanya mencoba memaksimalkan analisa  faktor internal dan faktor eksternal. SWOT diawali dengan analisa (SW) strengths dan weaknesses yang merupakan faktor internal pada saat ini (Present) setelah itu baru (OT) opportunities dan threats yang merupakan faktor eksternal pada saat sekarang atau yang akan datang. Maka Analisis SWOT akan menghasilkan analisa yang lebih present atau kurang visioner. 

Pada Analisis TOWS Analisis diawali dari mengeksplorasi pemikiran akan hal-hal yang akan datang atau hal yang lebih dinamis yaitu dari faktor eksternal terlebih dahulu baru diikuti dengan faktor internal, cara ini diyakini akan menghasilkan analisa yang lebih bisa memanfaatkan peluang dan dapat mengantisipasi segala ancaman yang akan datang, dengan kata lain Analisis TOWS lebih Visioner dari pada Analisis SWOT.

Setelah meng-eksplorasi TOWS langkah selanjutnya adalah menyusun strategi berdasarkan Analisis TOWS tersebut, strategi ini sama dengan strategi SWOT. Kemudian melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab serta komitmen tinggi.

ANALISIS SWOT adalah sebuah cara menganalisa suatu permasalahan dari 4 sudut berbeda yang terbagi dari 2 aspek, yaitu aspek internal dan aspek eksternal, SWOT adalah singkatan bahasa Inggris dari "kekuatan"/Strengths, "kelemahan"/Weaknesses, "kesempatan"/Opportunities, dan "ancaman"/Threats. Metode ini pada awalnya digunakan oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.

Langkah awal dalam analisis SWOT adalah menjawab pertanyaan pertanyaan kunci pada setiap aspek dengan jujur (tidak menutupi kekurangan atau tidak melebih lebihkan peluang dan kekuatan) untuk mendapatkan rekomendasi yang benar dan bermanfaat
  1. ASPEK INTERNAL
    Artinya aspek aspek yang sudah ada/sudah kita miliki baik Strengths/Kekuatan maupun Weaknesses/Kelemahan
  2. ASPEK EKSTERNAL
    Artinya aspek-aspek yang sangat dekat/erat kaitannya dengan tujuan kita namun berada di luar diri kita baik kesempatan/peluang/Opportunities yang menguntungkan/mendukung tujuan kita, maupun Thrests/Ancaman yang akan merugikan bahkan menggagalkan tujuan kita, jika kita tidak pandai mensiasatinya.

Setelah seluruh aspek terisi langkah selanjutnya adalah menentukan strategi untuk mencapai tujuan berdasarkan data yang diperoleh pada tahap sebelumnya

  1. Startegi SO dengan mengembangkan suatu strategi dalam memanfaatkan kekuatan (S) untuk mengambil manfaat dari peluang (O) yang ada.
  2. Strategi WO yaitu mengembangkan suatu strategi dalam memanfaatkan peluang (O) untuk mengatasi kelemahan (W) yang ada.
  3. Strategi ST yaitu dengan mengembangkan suatu strategi dalam memanfaatkana kekuatan (S) untuk menghindari ancaman (T).
  4. Strategi WT yaitu dengan mengembangkan suatu strategi dalam mengurangi kelemahan (W) dan menghindari ancaman (T).

Langkah Terakhir dalam analisis SWOT menentukan langkah kongkrit yang akan dilakukan berdasarkan 4 strategi tadi berdasarkan tujuan yang ingin dicapai untuk kemudian dibuat program berdasarkan waktu / jadwal sehingga analisa tersebut tidak sis-sia karena kita tindaklanjuti dengan tindakan-tindakan yang terarah untuk mencapai tujuan yang dikehendaki.


1 komentar: